Minggu, 16 April 2023

MEMBUAT LAMPU LED VARIASI PADA LAMPU BELAKANG SEPEDA MOTOR


Untuk kawan–kawan q mekatronika manakarra dan otomotif lover yang suka memvariasi system kelistrikan pada sepeda motornya, berikut ini project referensi membuat lampu variasi pada lampu belakang (Stop Lamp dan Lampu Kecil) menggunakan lampu LED.

Lampu LED merupakan komponen elektronik yang dapat menghasilkan cahaya jika dihubungkan dengan sumber tegangan dengan polaritas benar. LED banyak digunakan karena karakteristik LED membutuhkan arus listrik sangat rendah, dan dapat digunakan di berbagai variasi tegangan yang berbeda selain itu menghasilkan cahaya yang cukup terang serta banyak pilihan warna dan bentuk dari LED…


Pada Lampu belakang sepeda motor Suzuki shogun 125 terdapat dua buah lampu yaitu lampu stop/lampu rem dan lampu kecil/kota. Maka ketika harus diperhatikan dalam membuat lampu LED variasi harus ada dua grup lampu LED.

Bahan yang dibutuhkan dalam membuat project variasi lampu kali ini antara lain :

NAMA KOMPONEN
SFESIFIKASI
 JUMLAH
PCB Berlubang
IC
1
Buah
Dioda
IN4002
1
Buah
Resistor
IK-1/2W
4
Buah
LED super Bright
5mm/hijau
6
Buah

5mm/Biru
10
Buah
Kabel Jumper


Secukupnya

Proses pembuatannya diawali dengan melepas dudukan lampu bagian lampu belakang pada sepeda motor, kemudian lepas rangkaian lampu belakang dan ukur dimensi rangkiannya.

Kemudian potong papan PCB sesuai dengan bentuk dan ukuran lampu belakang yang telah dilepas, lalu atur tata letak LED pada papan PCB sesuai dengan keinginan kita.
Berikut contoh penempatan posisi LED untuk lampu kecil.


Kemudian pasang group LED untuk Lampu REM


Setelah pengaturan posisi group LED selesai selanjutnya memberi tanda letak LED pada PCB, lalu pasang resistor dan diode lanjutkan proses penyolder kaki-kaki komponen sesuai dengan rangkain berikut :

 
Setelah kaki-kai komponen selesai di rangkai, kemudian lakukan uji coba rangakaian, hubungkan dengan sumber tegangan baterai 12V pada group LED lampu kecil dan group LED lampu Rem.


Setelah uji coba selesai kemudian pasang rangkaian LED variasi pada dudukan lampu belakang motor.


Kemudian pasang pada bagian belakang sepeda motor, dan hubungkan tiga buah kabel penghubung ke rangkaian kelistrikan sepeda motor, perhatikan kabel yang ke massa, kabel ke sakelar rem dan kabel ke sakelar lampu kecil, setelah itu sambungan beri isolasi agar tidak terjadi hubung singkat. Pasang kaca bias lampu dan kencangkankan mur/scrup pengikat dudukan lampu….daaaaann kemudian selamt mencoba…!! Ok choooy…..!!!

2 komentar:

Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!