Kamis, 01 September 2022

CATU DAYA SIMETRIS TEGANGAN DC 5V DAN 12V


Ok…Sahabat mekatronika manakarra, project berikut ini merupakan module catu daya simetris dengan output tegangan DC +12V, -12V, +5V dan -5V, rangkaian catu daya merupakan rangkain elektronik yang berfungsi sebagai sumber tegangan untuk mengaktifkan system rangkaian elektronik, catudaya simetris sangat baik digunakan sebagai sumber tegangan dalam setiap uji coba rangkaian elektronik.



Pada prinsipnya output tegangan rangkaian catu daya tergantung dari tipe IC Voltage regulator yang digunakan, Jika suatu rangkaian membutuhkan tegangan output dengan polaritas positif terhadap ground maka IC Vreg yang digunakan adalah type IC 78xx. dan jika diinginkan output tegangan berpolaritas negatif terhadap ground,  Type IC Vreg yang digunakan adalah type IC 79xx.
Dibawah ini merupakan gambar desain schematic catu daya simetris. Type IC Vreg yang digunakan adalah Vreg IC 7805, IC 7805, IC 7812, dan IC 7912.

Desain schematic catu daya simetris (software eagle layout editor).


                Daftar Komponen untuk membuat rangkaian catu daya simetris adalah sebagai berikut :
Nama Komponen
Sfesifikasi
Jumlah
Trafo CT
220VAC/3A
1 Buah
Dioda Bridge
5 A
1 Buah
Voltage Regulator
7805, 7905, 7812, 7912
1 Buah
Kapasitor Elco
10000uF/50V
2 Buah

47uF/25V
2 Buah
Kapasitor keramik
100nF
6 Buah
Pin Header
2P
4 Buah
PCB
5cm x 7 cm
1 Buah
  
Dengan menggunakan perangkat lunak Eagle Layout Editor akan memudahkan dalam mendesain gambar rangkaian pada papan PCB, di bawah ini merupakan hasil desain board catu daya simetris. 


                             Top View                                       Bottom View                                                                                     
Prinsip kerja rangkaian catu daya simetris diatas terdiri beberapa bagian. Bagian penurun tegangan (Step down) berfungsi menurunkan tegangan input 220 Volt AC menjadi tegangan AC 15 Volt, dengan menggunakan komponen transformator step down CT. bagian penyearah arus berfungsi menyerahkan arus AC 15V menjadi arus DC +15V, GND dan DC -15V. Komponen yang digunakan  adalah diode bridge (Rechtifier), output tegangan dari dioda kemudian diberi penyaring tegangan (Filter) menggunakan 2 buah kapasitor electrolit 2200uF/50V.  Bagian regulator tegangan terdiri dari IC VReg yang berfungsi mengatur output tegangan. Pada rangkaian diatas terdiri mempunyai 4 output tegangan yaitu Tegangan positif +5V, +9V, +12V dan tegangan Negatif -12V.



                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!