Kamis, 07 Agustus 2014

MEMBUAT ELEMEN PANAS KOMPOR LISTRIK


 Untuk sohib mekatronika manakarra yang masih suka tinggal di koss-kossan, pengen membuat alat pemanas listrik sederhana, supaya tidak capek – capek angkat tabung gas tiap minggu, berikut ini merupakan project membuat elemen panas dari kawat pijar pada kompor listrik.

Kendala dari project kita kali ini adalah sulitnya mendapatkan bahan anti panas yang digunakan sebagai dudukan lilitan elemen. Tapi kebetulan pas mau uji coba, kami dapat kompor listrik bekas yang sudah tidak digunakan, kemudian kami mampaatkan dudukannya kembali…


Adapun komponen yang dibutuhkan untuk membuat elemen panas kompor listrik ini adalah

Nama komponen
sfesifikasi
Jumlah
Kawat elemen panas
Φ 2 mm
3
meter
Sakelar selektor
AC220V
1
Buah




Pada proses pembuatannya pertama-tama kita membuat lilitan atau kumparan dengan menggunakan obeng yang permukaan batangnya bundar kira-kira berdiameter -/+ 1cm.

Setelah itu kawat elemen kita biarkan terlilit beberapa menit, kemudian lepaskan kumparan dari batang obeng…

Setelah itu pasang pada dudukan kompor listrik, ikuti alur yang sudah ada pada dudukan elemen anti panas. Hubungkan ujung kawat elemen dengan terminal sumber tegangan dengan melalui sakelar selector.

Setelah kumparan dipasang pada alur dudukan, kemudian uji coba elemen dengan menghubungkan ke sumber tegangan 220 VAC,

Ketika dihubungkan dengan sumber tegangan dan sakelar di onkan pada posisi L(low) maka hanya sebagian elemen yang membara/berfungsi, namun ketika sakelar di posisikan ke no H(high) semua elemen akan membara dan menghasilkan panas yang lebih tinggi.
Pada project ini penyusun minta maaf cos tidak memberikan literature asumsi Daya listrik yang digunakan pada saat kompor menyala, untuk itu silahkan browsing sendiri literaturnya jika ingin dapat info lebih…
ok sobat moga bermanpaat… und pesan saya hati2 pada saat proses pembuatannya karna berhubungan dengan panas dan tegangan tinggi, +++ ketahuan bu koss pastinya…… danke schoon..!!!!

















2 komentar:

  1. Maaf bang mo nanya q ni org awam..jenis kabel apa yg d gunakan untuk nyambung elemen ke saklar

    BalasHapus
  2. Untuk jenis saklar yang digunakan pemanas diatas, kawat elemen langsung saya hubugkan pada terminal sakelar..!!

    BalasHapus

Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!