Jumat, 20 September 2013

RANGKAIAN BELL CERDAS CERMAT MENGGUNAKAN RELAY 5 PESERTA


        Bell cerdas cermat pada umumnya digunakan pada saat kegiatan perlombaan, dimana fungsinya membantu dewan juri menentukan peserta atau group yang berhak menjawab terlebih dulu. Dalam suatu perlombaan terdiri dari beberapa group atau lebih dari satu peserta, saat juri telah memberikan soal, maka setiap peserta/group berlomba menekan tombol masing-masing. Peserta/group yang bellnya berbunyi dan lampu indikatornya menyala, group tersebut  yang berhak menjawab.


        Pada dasarnya rangkaian bell cerdas cermat berikut ini terdiri dari beberapa bagian yaitu sinyal input yang berasal dari tombol peserta/group yang berjumlah 5 buah, sebuah control bell system menggunakan relay, dan sinyal output untuk mengaktifkan 5 buah buzzer bell dan 5 buah lampu indicator peserta lomba. 
    Relay merupakan sakelar yang dioperasikan secara elektrik dan merupakan komponen elektromekanis yang terdiri dari dua bagian utama yaitu elektromagnet (kumparan) dan mekanik (rangkaian kontak sakelar). Relay menggunakan prinsip elektromagnetik untuk menggerakkan kontak sakelar sedemikian rupa sehingga arus dengan daya rendah dapat menghantarkan arus dengan tegangan lebih tinggi.

        Relay yang digunakan dalam rangkaian bell cepat tepat ini adalah relay 12V artinya jika relay diberi tegangan 12V pada kumparan dan menghasilkan elektromagnet sehingga menggerakkan plat kontak dan dapat menghantar arus listrik dengan tegangan tinggi 220VAC 

Berikut merupakan Blok diagram bell cepat tepat :


Prinsip Kerja Kontrol Bell Sistem Menggunakan Relay.
Bagaian utama rangkaian bell cerdas cermat ini adalah Kontrol bell sistem menggunakan relay,  bagian ini yang berpungsi menerima sinyal input dari tombol peserta, kemudian mengaktifkan buzzer dan lampu indikator peserta yang menekan tombol.


Ketika salah satu tombol bell ditekan maka system akan mengunci tombol yang lain sehingga buzzer dan lampu indicator yang lainnya tidak berpungsi. Catu daya yang digunakan untuk mengkatifkan system adalah tegangan DC 12 V dan output tegangan control adalah tegangan AC 220V.


        
Berikut adalah  daftar komponen –kompoenen yang digunakan untuk merakit bell cerdas cermat :


NAMA KOMPONEN
SFESIFIKASI
JUMLAH
Relay Double Contact
12 VDC
10
Buah
Power Suplay
Output 12VDC
1
Buah
Kabel Tunggal
Serabut
4
Meter
Sakelar Bell
Tombol
5
Buah
Buzzer
220 VAC
5
Buah
Kabel
NYM
1
roll


Dan untuk kontrolnya silahkan anda perhatikan skema dari rangkaian bell cerdas cermat berikut :


Ok Bro…. selamat mencobaaaa……..

3 komentar:

  1. sangar temen kita yang satu ini...
    terus berkarya bro...sukses selalu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh bos..atas sufportnya... masih newbe und msh belajar mohon bimbingannya...

      Hapus

Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!