Jumat, 20 Januari 2023

MEMBUAT LAMPU VARIASI RUNNING LED MENGGUNAKAN IC CMOS 4017 PADA MOBIL


Baiklah sahabat mekatronika manakarra +++ electrical automotive lover, project berikut ini adalah membuat lampu running led menggunakan IC CMOS 4017, running LED biasa juga diistilahkan lampu LED berjalan maksudnya suatu rangkaian / deretan beberapa lampu LED yang nyalanya silih berganti, sehingga terlihat nyala lampu tersebut berjalan. Running led banyak digunakan pada kendaran mobil maupun sepeda motor sebagai lampu variasi atau lampu accesioris, sehingga kendaraan terlihat menarik pada saat berjalan pada malam hari.
Agar lampu LED bisa menyala bergantian maka dibutuhkan suatu komponen elektronik yang bisa mengontrol deretan lampu LED tersebut. Salah satu komponen yang banyak digunakan adalah IC decade counter CMOS 4017. 
Berdasarkan datasheet IC CMOS 4017 merupakan IC decade counter yang memiliki pin output sebanyak 10 BIT, memiliki clock, clock enable reset, dan carry out. IC ini mempunyai karakteristik dapat mengaktifkan salah satu bit outputnya saja dan mampu memberikan arus sampai 10mA. IC CMOS ini cukup baik kerjanya terutama dengan tegangan suplay yang daerah kerjanya sangat lebar yaitu mulai 3.0 VDC sampai 15 VDC. IC CMOS 4017 Agar dapat bekerja membutuhkan pulza clock pada pin clock input. Maka untuk lebih mudahnya praktisnya rangkaian IC CMOS 4017 dapat dihubungkan dengan rangkaian pembangkit pulza clock IC Timer 555.
Berikut ini adalah grafik output CMOS 4017 setelah dihubungkan dengan pembangkit pulza pada pin input clock.


Daftar komponen elektronik yang dibutuhkan untuk membuat project running LED menggunakan IC4017 adalah berikut ini :
                
NAMA KOMPONEN
SFESIFIKASI
  JUMLAH
IC Decade counter
HCF4017BE
1
Buah
IC timer
NE555N
1
Buah
Trimpot
10KΩ
1
Buah
Resistor
10KΩ - 1/4Watt
1
Buah
Capasitor Elco
10µF – 25VDC
1
Buah
Dioada
1N4004 – 1 A
2
Buah
PCB Polos
40mmx40cm
1
Buah
Cable protector
P = 1M
1
Batang
LED Super Bright
5mm (Biru/Putih)*
40
Buah
Resistor
10KΩ - 1/4Watt
20
Buah
Cable jumper
Tunggal Ø 0.2mm
-
secukupnya
Timah Pancing
D0.8,60/40
-
Secukupnya
FeridClorida
FeCl
1
Bungkus


Dalam project ini catu daya yang digunakan sebesar 12 VDC untuk menyesuaikan tegangan pada batteray di kendaraan mobil atau sepeda motor, Kemudian terdapat dua bagian utama dalam pembuatan project ini yaitu: control running LED module dan Rangkaian lampu LED pada cable protector.
Dalam membuat control running lED terlebih dahulu melakukan perancangan dengan menggambar bentuk PCB dengan menggunakan software eagle layout editor pada computer (bisa juga software membuat PCB yang lain) Adapun desain schematic dan desan board control running LED sebagai berikut :
Kemudian setelah penggambaran pada computer selesai, selanjutnya proses menyablon gambar board rangkaian pada papan PCB, ada cara mudah menyablon pada papan PCB yaitu dengan menggunakan Strika listrik, caranya gambar desain board PCB kita printout pada kertas A4. Kemudian di foto copy pada kertas yang memiliki lapisan permukaan yang mengkilat seperti kertas kalender.
  

Papan PCB kita potong dengan ukuran 40mmx40mm, bersihkan dan ratakan bagian pinggir PCB. Setelah itu kita potong kertas hasil foto copy sesuai dengan ukuran papan PCB, kemudian melakukan proses penyablonan.

 
Setelah penyablonan pada papan PCB selesai kemudian proses selanjutnya adalah Pelarutan PCB menggunakan larutan FeriClorida (FeCl), pada proses ini harus berhati-hati, karena FeCl tergolong bahan berbahaya, sehingga jangan sampai mengenai badan atau pakaian kita.
Setelah bagian belakang papan PCB selesai dilarutkan. Kemudian bagian depan kembali disablon untuk menampilkan nama komponen dan keterangan di bagian permukaan PCB, lalu sisa kertas pada jalur papan PCB dibersihkan menggunakan Kertas gosok yang halus. 
Langkah selanjutnya melakukan pelubangan pada tempat kaki-kaki komponen di papan PCB menggunakan mata bor kecil, kemudian setelah pelubangan selesai selanjutnya proses pemasangan komponen dan penyolderan, saat pemasangan komponen perhatikan tata letak komponen pada papan PCB.

Setelah control running LED telah selesai, kemudian membuat deretan lampu LED pada cable protector, pertama – tama memberi tanda posisi LED pada cable protector, atur jarak antar LED sesaui dengan jumlah LED yang pakai. Pada project ini jumlah LED yang digunakan sebanyak 40 buah, dengan warna LED putih dan biru, pemilihan warna disesuaikan dengan rancangan variasi nyala LED sebelumnya, Jarak antara LED dengan ujung cable protector = 1 cm, dan jarak antar LED = (Panjang cable protector-2)/(Jumlah LED - 1) = (100cm-2)/(40buah-1)= 2,51cm.



Setelah diberi tanda kemudian proses pelubangan dengan menggunakan mata bor 5mm. setelah semua di lubangi bersihkan permukaan cable protector. Masukkan LED pada lubang cable protector sesuai dengan urutan warna LED yang telah direncanakan, Perhatikan gambar contoh rangkaian berikut.

Setelah semua lampu led pada cable protector dirangkai, kemudian beri lem pada kabel dan penutup cable protector agar air tidak masuk kedalam cabel protector. Hubungkan kabel –kable lampu LED ke Kontrol running LED sesuai urutannya.

Hasil project running led dapat dilihat dalam bentuk vidio berikut ini : 

 

3 komentar:

  1. Terimakasih Banyak om atas tutorialnya, sangat membantu dan sangat jelas, minta izin untuk dijadikan project makul Rangkaian Listrik :D

    BalasHapus
  2. memang bisa ya pak kerts kalender di photocopy..?

    BalasHapus

Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!