Selasa, 24 September 2013

MEMBUAT KUNCI MAGNET ANTI MALING PADA SEPEDA MOTOR.


Ok sobat-sobat mekatronika manakarra und electrical automotive lover, berikut ini merupakan project membuat kunci magnet anti maling, fungsi alat ini sebagai tindak pengamanan pada kendaraan khususnya sepeda motor agar tidak mudah diambil oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab Curanmor).


Komponen utama yang digunakan pada rangkaian kunci magnet adalah reed switch/sakelar magnet dan Relay Double Contact, reed switch akan bekerja menghubungkan arus listrik, jika ada medan magnet didekatkan pada bagian tabung sakelar. Jenis Relay yang digunakan adalah relay double contact, komponen ini yang berfungsi menghubungkan dan memutuskan arus listrik dari pulzer (pick up coil) ke CDI.  


Komponen-komponen yang dibutuhkan untuk membuat kunci magnet anti maling adalah sebagai berikut :
     
NAMA KOMPONEN
SFESIFIKASI
 JUMLAH
Relay Double Contact
12VDC-220V
1
Buah
Reed switch
standart
1
Buah
resistor
1kΩ
1
Buah
LED super Bright
5mm/Biru
1
Buah
Kabel
tunggal
-
secukupnya


Pada prinsip kerjanya kunci magnet anti maling adalah memutus dan menghubungkan arus listrik dari pulser / pick up coil ke CDI, sehingga jika kunci kontak/ignition switch sudah di ON kan dan mesin di starter maka mesin tidak dapat hidup, ketika sakelar magnet diaktifkan dengan cara digosok/didekatkan dengan magnet maka ralay akan mengunci dan menghubungkan arus listrik dari pulser ke CDI kemudian lampu indicator menyala dan mesin dapat hidup setelah distart. Relay akan memutus kembali arus listrik jika kunci kontak di posisikan OFF.


 Waktu pemasangan pada sepeda motor, perhatikan warna kabel pada pulzer(pickup coil), dan letakkan sakelar magnet pada tempat yang mudah dijangkau namun tersembunyi agar tidak mudah dikenali oleh orang lain.


Selamat Mencoba..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!