Jumat, 10 November 2023

MEMASANG SPEAKER AKTIF DI SEPEDA MOTOR.

Bagi sahabat mekatronika manakarra dan sohib yang suka ngumpul bareng ma club motornya, agar lebih seru gimana kalau tunggangan ke sayangannya dilengkapi dengan speaker aktif, agar disaat kumpul-kumpul bareng bisa sambil mendengerin musik, berikut merupakan project memasang speaker aktif pada sepeda motor.



Pada dasarnya dalam memasang speaker aktif hal utama yang perlu diperhatikan adalah tegangan kerja yang dibutuhkan oleh speaker aktif, dalam project ini tegangan kerja speaker aktif adalah 5VDC, sedangkan tegangan baterai yang digunakan pada sepeda motor  adalah 12VDC, maka dibutuhkan rangkaian Converter DC untuk menurunkan tegangan 12VDC menjadi 5 VDC.


Adapun komponen-kompoenen yang dibutuhkan sebagai berikut :

NAMA KOMPONEN
SFESIFIKASI
 JUMLAH
Speaker Aktif
5VDC
1
Pasang
Dioda
IN4002
1
Buah
IC V Regulator
7805
1
Buah
LED super Bright
5mm/Merah
1

Resistor  
1k-1/4W
1
Buah
Capasitor
100 uF
1
Buah
Sakelar Togle,
ON-OFF
1
Buah
PCB Berlubang
2cm x 3 cm
1
Buah
 
Adapun rangkaian penurun tegangan 12VDC menjadi 5 VDC Seperti berikut :



Buat rangkaian penurun tegangan seperti diatas, susun komponen pada papan PCB berlubang, kemudian solder setiap kaki-kaki komponen sesuai dengan diagram rangkaiannya…

Kemudian uji coba rangkaian dengan menghubungkan output rangkaian ke speaker aktif dan input rangkaian dengan terminal baterai, perhatikan polaritas terminal agar tidak terbalik, Hubungkan speaker aktif dengan output earphone HP.

Setelah  uji coba selesai... kemudian silahkan pasang di sepeda motor nya sobat-sobat, untuk posisi penempatannya silahkan di atur sendiri, dimana posisi yang tepat dan sesuai dengan keinginan masing-masing. contoh penempatan pada sepeda motor byson berikut...  
Yang terpenting penempatan speaker aktif jangan sampai mudah terkena air hujan dan di ambil oleh orang yang mempunyai ukuran tangan yang lebih panjang dari pada ukuran tangan pada umumnya…. Hehhehehe….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!