Minggu, 05 Februari 2017

MEMBUAT LAMPU LED VARIASI MOBIL.


Untuk membuat lampu LED variasi mobil sangatlah mudah dan sederhana, berikut ini salah satu contoh cara membuat lampu LED Variasi mobil dengan panjang 20Cm.

  

LED Merupakan komponen elektronik yang bisa menghasilkan cahaya jika terminal anoda dan katoda diberi arus listrik dengan polaritas yang benar. LED sangat bagus digunakan sebagai lampu–lampu variasi pada mobil karena bentuk komponennya yang tergolong kecil dan arus yang dibutuhkan sangat sedikit.


Untuk membuat lampu LED variasi mobil, yang harus diperhatikan adalah tegangan batteray yang digunakan oleh mobil tersebut, rata – rata tegangan batteray yang digunakan sebesar 12 Volt, selain itu yang perlu diperhatikan adalah pemilihan tahanan / resistor yang dipasang pada rangkian LED. Dalam penentuan besar resistor dapat menerapkan hukum OHM.

Komponen – komponen yang dibutuhkan dalam membuat lampu LED variasi mobil dengan panjang 20 cm adalah berikut:


Gambar schematic lampu LED variasi untuk mobil berikut ini :


Proses pembuatan lampu led variasi, pertama kita potong cable protector sepanjang 20 cm atau sesuai yang dibutuhkan.


Kemudian kita tandai jarak antar LED pada cable protector, dalam satu batang cable protector kita beri 6 buah LED, jarak posisi LED dengan ujung 1CM, dan jarak antar LED = (Panjang cable protector – 2 ) / (Jumlah LED – 1) = (20-2)/(6-1)=3.6cm.

Kemudian melakukan proses pengeboran, mata bor harus sesuai dengan diameter LED misalnya 3mm, lalu bersihkan bekas pengeboran pada permukaan cable protector. Pada lubang hasil pengeboran masukkan LED dan tekuk kedua kaki LED. Kemudian lakukan penyolderan sesuai dengan schematic lampu variasi LED Pasang semua LED pada lubang cable protector.(hati-hati tertusuk pada saat memotong kabel dan kaki LED).

Setelah proses penyolderan, kemudian lem bagian penutup cable protector agar mencegah air maupun kotoran lain tidak masuk, kemudian lakukan pengetesan dengan cara menghubungkan ke batteray 12V.




4 komentar:

  1. kreatif banget mas bro... itu casenya kl g salah dari tempat kabel telepon ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. case nya dari tempat kabel telpon atau kabel Dat

      Hapus
  2. Gambar nya kurang jelas gan jd g bisa niru

    BalasHapus

Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!