Sabtu, 14 Maret 2015

MEMBUAT LINE FOLLOWER BECAK BERBASIS MIKROKONTROLLER || Part 1. (Desain Mekanik)

PART 1. (Desain Mekanik)
(By : iyon manakarra, 14-03-2015 )

     Salam buat semua sobat q mekatronika manakarra, yuk kita belajar membuat dan mendesain sebuah mainan kategori robot yang bisa berjalan mengikuti track garis hitam berbasis mikrokontroller… Berikut ini literatur sebuah line follower yang didesain berbentuk becak dan dikontrol menggunakan mikrokontroller.. pada dasarnya robot Line follower atau line tracer adalah robot yang dapat berjalan secara otomatis mengikuti garis yang mempunyai warna berbeda dengan backgroundnya yaitu garis hitam dengan background putih. Tingkat kesulitan pembuatan robot ini tergantung pada track ( jalur ) yang akan dilalui.



     Dalam perancangan dan implementasinya, masalah - masalah yang harus dipecahkan adalah sistem penglihatan robot, arsitektur perangkat keras yang meliputi perangkat elektronik dan mekanik, dan organisasi perangkat lunak untuk basis pengetahuan dan pengendalian secara waktu nyata. System mekanik robot mengadopsi bentuk dari Becak Roda tiga dan dalam pengontrolan robot line follower menggunakan mikrokontroler ATMEGA 32 dan jenis sensor yang digunakan mendeteksi track yaitu sensor infra merah/ Infra RED dan Dioda Photo . Serta dalam pemogramannya menggunakan aplikasi Bascom AVR. 
Pada tahap perancangan, pertama mendesain mekanik bodi becak, untuk membudahkan dalam mendesain model dengan menggunakan aplikasi Auto CAD.

Ada empat bagian pokok pada mekanik robot line follower becak yaitu :
Ø  Bagian depan becak (penumpang).
Ø  Bagian belakang becak (Pengayuh).
Ø  Bagian atap becak.
Ø  Bagian roda becak dan penggeraknya.

Bagian depan becak menggunakan bahan acrilick/fiber, berikut pandangan isometris 3D.

Bagaian belakang becak menggunakan bekas mekanik mainan becak yang menyerupai supir becak dan bagian ini disambungkan  atau dikopel ke  bagian depan becak yang telah disediakan.  
 


Bagian roda becak berasal dari bekas gear dengan diameter 9 cm. roda ini dihubungkan dengan motor DC pada bagian depan becak.


Penempatan sensor garis yaitu diletakkan di bagian depan becak dengan jumlah 5 buah sensor, dengan posisi 3 di depan dan 2 di belakang, sehingga diharapkan sensor dalam memberikan data atau mendeteksi garis lebih baik.
Kemudian Penempatan modul minimum system diletakkkan di bagian atap becak, sehingga terlihat lebih extrim jika di bandingkan di letakkakn di dalam bagian depan becak (penumpang). Selain itu modul driver motor, dan modul scmitch trigger digabung jadi satu modul dan juga diletakkan di bagian atap becak.




oke sobat lajut ke Part.2... desain rangkaian kontrol elektronik...



1 komentar:

Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!