Rabu, 25 Januari 2023

MEMBUAT MOBOT HALANG RINTANG SEDERHANA DENGAN PENGONTROL SAKELAR MEKANIK LIMIT SWITCH


Bagi Sobat mekatronika manakarra pecinta robotika dan kontrol  mekanik, project kali ini merupakan contoh mobil robot halang rintang paling sederhana. namun jika diperhatikan merupakan dasar penerapan algoritma dalam mengendalikan sebuah mobil robot yang berbasis kontrol elektronik maupun berbasis mikrokontroler.



Dalam perancangan desain mekanik mobot, rangka mobot menggunakan Mouse Optik bekas. Adapun alat dan bahan yang digunakan antara lain :

NAMA KOMPONEN
SFESIFIKASI
  JUMLAH
Rangka Mouse Optik
USB
1
Buah
Motor DC (gear Box)
5V
2
Buah
Roda
D 2Cm
2
Buah
Roda karet  Tape recorder
Standar
1
Buah
Sakelar Limit Switch
LFDT
2
Buah
Tempat baterai
2
1
Buah
Baterai
1.2V/800mA
2
Buah
Kabel
Standar

Secukupnya
Plat
2x0.2x10 mm
2
Buah
Baut/Scrup
Kecil
6
Buah





Pada prinsipnya perputaran motor penggerak dikendalikan menggunakan sakelar limit switch, sehingga motor dapat berputar muju dan mundur, dan sumber tegangan menggunakan baterai 2 buah tegangan 1.2 Volt, sehinga dalam memilih motor DC sebaiknya jangan diatas tegangan kerja motor 5V, berikut  rangkaian kontrol mekanik mobot sederhana :


Proses pembuatannya di awali dengan membuat mekanik mobot mengunakan mouse bekas, tempelkan komponen pada mouse seperti dua buah motor dan limit switch sebagai detector nya..

  

Kemudian pasang tempat dua buah baterai: 

Pasang tutup mouse, dan dua buah roda pada motor DC penggerak dan roda depan:

Kemudian pasang kawat/plat pada bagian limit switch menyerupai belalai yang nantinya sebagai detector rintangaan, Kemudian hubungkan rangkaian pengendali motor sesuai dengan rangkaian diawal:


Kemudian lakukan pengujian, ketika sakelar On diaktifkan maka mobot akan berjalan maju, ketika detector kiri mengenai benda maka limit switch kiri akan tertekan dan motor kiri akan tetap maju dan motor kanan akan berhenti sehingga menyebabkan mobot akan berbelok ke kanan. Begitu sebaliknya ketika detector kanan mengenai benda maka mobot akan berbelok ke kiri. Sedangkan jika ke dua detector mengenai benda maka mobot akan bergerak mundur………
Penasaran……???  Silahkan dicoba kawan……!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!