Senin, 30 Januari 2023

Alat pengaman sepeda motor menggunakan Handphone dengan GPS Tracker , Miscall dan SMS

ALAT PENGAMAN SEPEDA MOTOR  MENGGUNAKAN HANDPHONE 

DENGAN GPS TRACKER , MISCALL DAN SMS

By. Iyon Manakarra 



1.          GAMBARAN UMUM / DESKRIPSI ALAT.

Maraknya pencurian yang terjadi khususnya pada sepeda motor membuat banyak orang berusaha untuk lebih meningkatkan sistem keamanan sepeda motor baik menggunakan alat-alat pengaman, maupun dengan menggunakan jasa pengamanan seperti satpam atau petugas parkir. Meskipun keamanan yang diberikan cukup ketat akan tetapi masih saja terkadang dapat dibobol oleh pencuri, hal ini bisa saja terjadi karena lalainya petugas keamanan.
Bagi pemilik kendaraan bermotor, saat ini tidak perlu merasa cemas akan banyaknya tindakan pencurian yang semakin marak akhir-akhir ini, sebab seiring berkembangannya teknologi di masyarakat, saat ini banyak sekali yang menawarkan sistem pengamanan kendaraan bermotor, mulai dari sistem pengamanan dengan menggunakan alarm sampai dengan pengamanan biasa dengan menggunakan kunci tambahan pada kendaraan bermotor. 

Melihat keadaan yang demikian, maka salah satu solusi maka penulis merancang rangkaian alat pengaman  dengan menggunakan komponen elektronik dan HandPhone sebagai kontrol pengaman, dasar pemikiran rancangan alat pengaman menggunakan handphone yaitu karena didalam aktifitas masyarakat, HP merupakan salah satu benda yang tidak pernah lepas dari manusia, kemana pun manusia beraktifitas rata-rata membawa handphone, maka dengan ini kendali menggunakan handphone sangat efektif untuk diterapkan dalam proses pengaman kendaraan sepeda  motor. HP dalam alat ini berpungsi sebagai alat penghubung antara pemilik kendaran dengan system kontrol elektronik yang dipasang pada sepeda motor, kontrol elektronika terdiri dari sensor, Mikrokontroller Arduino, Module GSM SIM900, Module GPS Ublox-Neo6Mv2, Dan Driver Relay.
  Pemasangan sensor / sakelar detector di pilih pada posisi center stand, biasa kita sebut standar dua atau standar tengah motor. Posisi ini sangat cocok karena setiap motor jika ingin dijalankan sudah pasti posisi center stand dinaikkan. Sehingga pada saat center stand dinaikkan, sensor akan aktif, kemudian mengirim data mikrokontroller, sedangkan sensor getar dipasang berfungsi mengirim data ke mikrokontroller ketika mesin dapat dihidupkan oleh pencuri saat system Motor Assistant  Smekol kondisi aktif.
        Komponen GPS uBlox Neo6Mv2 berbungsi untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. sebagai jenis GPS ini cukup dapat diandalkan karena memiliki keakuratan yang cukup baik. SIM 900 GSM/GPRS Shield merupakan modul GSM untuk arduino yang berperan untuk melakukan fungsi pengiriman dan penerimaan SMS serta dapat melakukan panggilan antar Handphone.


2.   TUJUAN.
Adapun tujuan yang akan dicapai dalam pembuatan sistem pengaman sepeda motor antara lain :
1). Untuk mendesign dan membuat system pengamanan kendaraan sepeda motor.
2) Untuk mengetahui efektfitas pengamanan sepeda motor dan keunggulan Motor Assistant Smekol dibandingkan dengan produk pengamanan motor lainnya.


3.  MANFAAT.
Adapun manpaat yang diharapkan dalam menggunakan sistem pengaman sepeda motor antara lain :
1) Memberikan informasi dini kepada pemilik kendaraan dan orang disekitar tentang tindak kejahatan  pencurian sepeda motor  dengan mudah dan efektif.
2) Membantu mempermudah pemilik kendaraan dalam mencari posisi atau letak kendaraan pada suatu tempat, selama jaringan GPS tersedia Dapat  membantu meminimalisir kerugian akibat pencurian motor.
3) Memberikan rasa tenang pada pemilik kendaraan, tidak was-was terhadap tindak pencurian, namun tetap waspada .


4.  PROSES / MIKANISME KERJA ALAT.
1). Proses Pembuatan dan Perakitan sistem pengaman motor .
    Proses Pembuatan Alat pengaman kendaraan sepeda motor terdiri dari beberapa bagian utama yang dirancang, dibuat dan dirakit kemudian agar dapat bekerja sesua tujuan yang dinginkan system harus diprogram menjadi satu system kerja pengaman. Proses pembuatan sebagai berikut :


a. Pembuatan Box Kontrol
      Box kontrol berfungsi sebagai tempat rangkaian kontrol elektronikBox kontrol berfungsi sebagai tempat rangkaian kontrol elektronik

b. Pembuatan maket simulasi komponen sepeda motor.
        Pada bagian ini merupakan simualtor sepeda motor yang berfungsi dudukan lampu tanda belok kiri dan kanan, dudukan klakson, system mekanik standar dua/tengah dan penempatan sensor standar
c. Mendesain rangkaian modul interface input-output, kontroller arduinno, GPS Module. sensor getar  Rangkaian di wiring dan diletakkan dalam box kontrol dengan output dan input berada pada terminal blok.
d. Pemograman Perangkat kontrol elektronik.
Pada tahap pemograman kontroller mikrokontroller Arduino dihubungkan ke komputer, dan dilakukan pemograman menggunakan aplikasi Arduino IDE dengan algoritma program berdasarkan cara kerja system pada mikanisme kerja alat.

2) Mikanisme kerja Alat
        Berdasarkan blok diagram sysem alat pengaman pada gamabr 1 terdiri dari beberapa komponen utama yang saling berkaitan membentuk satu system kerja pengaman kendaraan. Berikut gambar 2 merupakan rangkain kontrol elektronik pengaman motor .

        Mikanisme kerja rangkaian pada gambar 2, yaitu setelah System keamanan diaktifkan, sensor akan mendeteksi aktifitas pencuri, ketika  standar tengah dinaikkan maka sensor stand center akan aktif, jika sensor stand center aktif kurang dari 30 detik maka system kontrol elktronik mendeteksi bukan pencuri. Namun jika sensor stand center aktif lebih dari 30 detik, maka system akan memutus tegangan pada kunci kontak, dan mengirim notifikasi berupa miscall 1 kali ke No. Contact pemilik kendaraan. Ketika sensor stand center tetap aktif lebih dari 60 detik maka system akan mengirim notifikasi berupa miscall sebanyak 2 kali, setelah itu mengaktifkan Alarm.
        Jika sensor getar mendeteksi getaran pada kendaraan kurang dari 60 detik maka system mendeteksi bukan pencuri, namun jika kendaraan bergetar lebih dari 60 Detik maka system akan memutus tegangan pada kunci kontak dan mengirim notifikasi berupa miscall sebanyak 5 kali. 
        Jika pemilik kendaraan ingin mengetahui posisi letak koordinat kendaran, maka cukup dengan me-Miscall No.SIM kendaraan sebanyak 2 kali, maka maka system elektronik akan mematikan mesin motor dan mengirim notifikasi berupa SMS Link letak posisi kendaraan berdasarkan data GPS dan link bisa dibuka melalui aplikasi google MAP pada HP pemilik motor, Pemilik kendaraan juga dapat mengaktifkan Alarm yang dipasang pada kendaraan dengan cara di miscall sebanyak 6 kali.  Dan dapt mengirim sms untuk mengaktifkan Alarm dan lokasi kendaraan. Sehingga pemilik kendaraan dengan mudah menemukan kendaraannya kembali.

5.  PRODUK HASIL ALAT
1) Gambar Alat jadi






2) Penutup
        Berdasarkan hasil pengujian sistem alarm sepeda motor maka didapatkan data yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan, sehingga dengan adanya kreatifitas dan ide ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh warga masyarakat khususnya lingkungan sekolah sebagai bahan atau media belajar bagi peserta didik khususnya di bidang elektronika sekolah menengah kejuruan, untuk melatih dalam menemukan dan menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Serta alat yang telah dibuat dapat bermanfaat pada masyarakat luas, khususnya dalam pengaman kendaraan bermotor.


5.  VIDEO PEMBUATAN
Berikut adalah Link dalam membuat dan merakit serta pengujian sistem alarm sepeda motor, silahkan di tonton... jangan lupa like and subscribe ya .. semoga bermanfaat..!

Chanel           Mekatronika Manakarra
Link  Video   GPS Tracker + ALARM by HP




Video Uji Coba Module GPS Ublox NEO-6M
Chanel           Mekatronika Manakarra
Link  Video   : Pengujian GPS Tracker






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!