Senin, 16 Januari 2023

TUTORIAL MEMBUAT MINIMUM SYSTEM MIKROKONTROLLER AVR - ATMEGA 8535/16/32 MODULE

TUTORIAL MEMBUAT MINIMUM SYSTEM MIKROKONTROLLER AVR - ATMEGA 8535/16/32 MODULE
By. Iyon Manakarra

Untuk sobat – sobat mekatronika manakarra yang hobby otak-atik mikrokontroller AVR, berikut adalah project membuat modul minimum system mikrokontroller AVR yang support dengan IC Mikrokontroller AVR type ATMega 8535, ATMega 16 dan ATMega 32.
Mikrokontroller Merupakan komponen elektronika yang dapat diprogram dan biasa digunakan sebagai alat kontrol utama suatu system mekanik yang bekerja untuk pekerjaan tertentu. 


Sebelum IC mikrokontroller dapat diprogram atau digunakan sebagai system control unit, maka IC tersebut harus ditambahkan dalam rangkaian minimum system yang terdiri dari tegangan power supplay, sinyal clock dari ossilator, dan komponen untuk menghubungkan dengan perangkat input dan output. 


Pada proses pembuatan papan PCB, Untuk tata letak komponen dalam rangkaian pada papan PCB sifatnya bebas tergantung dari kreatifitas kita masing – masing, sebagai contoh berikut ini beberapa hasil desain PCB minimum system AVR yang pernah penulis buat.

Ok sohib mekatronika berikut sedikit ulasan mengenai proses pembuatan PCB minimum system AVR …………
hal yang mendasar dalam proses pembuatan rangkaian di papan PCB adalah kita harus bisa mengidentifikasi bentuk dan jenis dari setiap komponen yang akan digunakan dalam rangkaian minimum system. Setelah itu untuk memudahkan dalam penggambaran rangkaian kita menggunakan bantuan aplikasi computer yang cukup populer dalam membuat rangkaian yaitu EAGLE layout Editor.
Adapun komponen yang dibutuhkan untuk membuat modul minsys mikrokontroller AVR ini adalah:
  
Nama komponen      
sfesifikasi
Jumlah
PCB                
3 x 2 ''

1
Socket IC
40 PIN DIP
1
IC Mikrokontroller
ATMEGA 16/32

1
Pin Header
8pin

4
Resistor
10k,220 ohm

1
Capasitor
10uF

1
Push Botton
4 pin

1
LED
5 mm

1
V regulator
7805

1
Dioda
1N4002

1
Jeck Inp DC
On Board

1

kemudian Proses menggambar schematic minimum system pada komputer menggunakan aplikasi EAGLE layout editor. Hubungan komponen-komponen harus tepat sesuai dengan rangkaian.

 
Kemudian gambar schematic kita switch to board, kemudian atur tata letak komponen sesuai dengan ukuran PCB yang kita rencanakan misalnya 3x2 inch, lalu hubungkan setiap pin/kaki-kaki komponen sesuai dengan jalur/route pada gambar.


Kemudian setelah selesai menghubungkan komponen satu dengan yang lainnya beri keterangan pada setiap port.
Setelah proses pengambaran PCB selesai kemudian proses penyablonan PCB, dengan cara gambar Board PCB bagian atas dan PCB bagian bawah kita print out pada kertas kalender, dan kita potong papan PCB ukuran 3x2 inch.

Kemudian kita sablon rangkaian bagian bawah dengan menggunakan setrika pada permukaan PCB yang berlapiskan tembaga, hasilnya seperti berikut….


Setelah proses penyablonan selesai, kemudian proses heatcing yaitu proses menghilangkan bagian tembaga yang tidak terkena jalur rangkaian.
Kemudian permukaan dibersihkan menggunakan kertas amplas halus dan siap dilakukan proses penyolderan. Namun jangan lupa menempelakan gambar package komponen dan keterangan pada bagian atas yang telah di printout sebelumnya.


Kemudian bagian pin komponen kita bor dengan diameter 0.2mm, kemudian letakkan komponen-komponen dan dilakukan penyolderan. Pasang crystal 12MHz, dan komponen yang ada dibawah IC socket. Kemudian pasang socket PDIP 40 lead, beserta pin header untuk connector Port, pasang LED indicator dan resistor 1kΩ. Kemudian solder semua kaki-kaki komponen sesuai dengan gambar rangkaian yang telah dibuat.


Hasil penyolderan pada bagian bawah PCB seperti dibawah ini.


 
Setelah semua komponen disolder, pasang IC mikrokontrolle buat yang sesuai dengan desain awal, misalnya IC Β΅C PDIP 40 Lead, AT Mega 8535, ATMega 32, ATMega 16, lalu besihkan komponen dan siap untuk diuji coba…
Contoh Type modul minimum system AVR yang kita buat membutuhkan tegangan external 5V DC.

 
Dan modul tersebut memiliki connector untuk setiap port yang berjumlah 4 buah @ 8 Bit, dan dilengkapi conncector khusus untuk downloader Dover AVR/ ISP Programmer. Sehingga dalam proses mendownload program tidak perlu melepas IC Β΅C…
Demikikian ulasan mengenai proses pembuatan modul minimum system AVR selamat mencoba dan smoga bermanfaat........... Danke schΓ–Γ–n…!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!