FR.MAPA.01- MERENCANAKAN AKTIVITAS DAN PROSES ASESMEN - KKNI Level II Teknik elektronika industri - Operator Mikroprosesor dan Mikrokontroller
@iyon manakarra
Hallo sobat mekatronika manakarra dikesempatan kita kali ini saya mencoba membuat materi tentang contoh pembuatan perangkat asesment Materi Uji Kompetensi Level II pada sekolah menengah kejuruan jurusan teknik elektronika industri pada klaster Operator Mikroprosesor dan mikrokontroller, contoh yang saya buat adalah FR.MAPA.01- MERENCANAKAN AKTIVITAS DAN PROSES ASESMEN dengan satu unit kompetensi, untuk pengembangan selanjutnya bisa di lengkapi dengan semua unit kompetensi dalam satu skema. format yang saya gunakan adalah format yang saya dapat ketika mengikuti kegiatan RCC tahun 2021
Skema
Sertifikasi (KKNI/Okupasi/Klaster) |
Judul |
: |
KKNI Level II Pada Kompetensi Keahlian
Teknik Elektronika Industri / Operator Mikroprosesor dan Mikrokontroller |
Nomor |
: |
07-ELIN/01/LSPSMKN1RGS/VIII/2017 |
1. Menentukan Pendekatan Asesmen |
||||||||||
1.1. |
Kandidat |
|
Hasil pelatihan dan / atau
pendidikan: |
|||||||
|
Pekerja berpengalaman |
|||||||||
|
Pelatihan / belajar mandiri |
|||||||||
Tujuan Asesmen |
|
Sertifikasi |
|
|||||||
|
SertifikasiUlang |
|||||||||
|
PengakuanKompetensiTerkini
(PKT) |
|
||||||||
|
RekognisiPembelajaranLampau |
|
||||||||
|
Lainnya |
|||||||||
Konteks Asesmen: |
Lingkungan
|
|
Tempat kerja nyata |
|
Tempat kerja simulasi |
|||||
Peluang untuk mengumpulkan bukti dalam
sejumlah situasi |
|
Tersedia |
|
Terbatas |
||||||
Hubungan antara standar
kompetensi |
|
Bukti untuk
mendukung asesmen / RPL: JKL |
||||||||
|
Aktivitas
kerja di tempat kerja Asesi: JKL |
|||||||||
|
Kegiatan
Pembelajaran: JKL |
|||||||||
Siapa yang melakukan asesmen /
RPL |
|
Lembaga Sertifikasi |
||||||||
|
Organisasi Pelatihan |
|||||||||
|
Asesor Perusahaan |
|||||||||
Konfirmasi dengan orang yang relevan |
|
Manajer sertifikasi LSP |
||||||||
|
Master Asesor / Master Trainer / Asesor Utama Kompetensi |
|||||||||
|
Manajer Pelatihan Lembaga Training terakreditasi / Lembaga
Training terdaftar |
|||||||||
|
Lainnya: |
|||||||||
1.2 |
Tolok Ukur Asesmen |
|
Standar Kompetensi: |
|||||||
|
Kriteria asesmen dari kurikulum pelatihan |
|||||||||
|
Spesifikasi kinerja suatu perusahaan atau industri: |
|||||||||
|
Spesifikasi Produk: |
|||||||||
|
Pedoman khusus: |
2. Mempersiapkan Rencana Asesmen |
Unit Kompetensi |
Kode Unit |
: |
IJE.UM01.001.01 |
Judul Unit |
: |
Menerapkan
Keselamatan dan Kesehatan Kerja |
Kriteria
Unjuk Kerja |
Bukti-Bukti (Kinerja, Produk, Portofolio, dan / atau Hafalan) diidentifikasi berdasarkan Kriteria Unjuk Kerja dan Pendekatan Asesmen. |
Jenis Bukti |
Metode dan
Perangkat Asesmen CL (CeklisObservasi/ LembarPeriksa), DIT (Daftar Instruksi Terstruktur),
DPL (Daftar Pertanyaan Lisan), DPT (Daftar Pertanyaan Tertulis), VP
(Verifikasi Portofolio), CUP (Ceklis
Ulasan Produk), PW (PertanyaanWawancara) |
|||||||
L |
TL |
T |
Obsevasi langsung (kerja nyata/aktivitas waktu nyata di tempat kerja
dikingkungan tempat kerja yang disimulasikan) |
Kegiatan Terstruktur (latihan simulasi dan bermain peran, proyek, presentasi, lembar kegiatan) |
Tanya Jawab (pertanyaan tertulis, wawancara, asesmen diri,
tanya jawab lisan, angket, ujian lisan atau tertulis) |
Verifikasi Portfolio (sampel
pekerjaaan yang disusun oleh Asesi, produk dengan
dokumentasi pendukung) |
Review produk (testimoni dan laporan dari atasan, bukti pelatihan,
otentikasi pencapaian sebelumnya, wawancara dengan atasan, atau rekan kerja) |
Lainnya : …………… |
||
Elemen: 1. Mengidentifikasi potensi bahaya dan resiko kecelakaan kerja
|
||||||||||
1.1.
Keadaan di tempat dan lingkungan kerja
diperiksa untuk mengetahui dengan pasti potensi resiko kecelakaan yang bisa
terjadi. |
Hasil Observasi Memerikasa Keadaan
di tempat dan lingkungan kerja untuk mengetahui dengan pasti potensi resiko
kecelakaan yang bisa terjadi |
L |
|
|
CL |
|
|
|
|
|
1.2. Bahan atau pun barang yang berpotensi
menimbulkan bahaya di tempat kerja diberi proteksi atau disingkirkan,
sehingga resiko bahaya dapat diminimasi sekecil mungkin |
Hasil Observasi Memberikan proteksi dan
menyingkirkan Bahan ataupun barang yang
berpotensi menimbulkan bahaya di tempat, sehingga resiko bahaya dapat
diminimasi sekecil mungkin |
L |
|
|
CL |
|
|
|
|
|
1.3. Tempat
kerja dipelihara agar tetap bersih, aman dan nyaman serta terhindar dari
bahan dan barang yang dapat menimbulkan bahaya, sehingga tempat kerja menjadi
aman dari bahaya yang mungkin timbul |
Hasil observasi Memelihara Tempat kerja agar tetap
bersih, aman dan nyaman serta terhindar dari bahan dan barang yang dapat
menimbulkan bahaya, sehingga tempat kerja menjadi aman dari bahaya yang
mungkin timbul |
L |
|
|
CL |
|
|
|
|
|
1.4. Bahan
dan barang yang berbahaya ditempatkan ditempat yang sudah ditentukan |
Hasil Observasi Menempatkan
Bahan dan barang yang berbahaya ditempat yang sudah ditentukan |
L |
|
|
CL |
|
|
|
|
|
ELEMEN : 2. Mengevaluasi bahaya dan
resiko kecelakaan kerja |
||||||||||
2.1.
Dampak dari
kecelakaan kerja ditentukan agar
dapat dilakukan antisipasi yang tepat bila terjadi kecelakaan kerja |
Hasil Menjawab Pertanyaan Menentukan Dampak dari kecelakaan kerja agar dapat dilakukan antisipasi
yang tepat bila terjadi kecelakaan kerja |
|
TL |
|
|
|
DPL |
|
|
|
2.2. Pekerjaan yang dapat menimbulkan bahaya dan resiko
kecelakaan kerja dihindari,
sehingga kecelakaan kerja dapat ditekan sekecil mungkin |
Hasil Menjawab Pertanyaan Menghindari Pekerjaan yang
dapat menimbulkan bahaya dan resiko kecelakaan kerja, sehingga kecelakaan
kerja dapat ditekan sekecil mungkin |
|
TL |
|
|
|
DPL |
|
|
|
ELEMEN : 3. Mengendalikan bahaya dan resiko kecelakaan
kerja |
||||||||||
3.1. Prosedur K-3 diterapkan
untuk pengendalian bahaya dan resiko kecelakaan kerja secara konsisten |
Hasil Menjawab Pertanyaan Menerapkan
Prosedur K-3 untuk pengendalian bahaya dan resiko kecelakaan kerja secara
konsisten |
|
TL |
|
|
|
DPL |
|
|
|
3.2. Semua prosedur terkait dengan pencegahan K-3 di
lingkungan kerja dijalankan dengan
patuh |
Hasil Menjawab Pertanyaan
Menjalankan Semua prosedur terkait dengan pencegahan K-3 di lingkungan kerja
dengan patuh |
|
TL |
|
|
|
DPL |
|
|
|
3.3. Alat pelindung diri (APD) dipakai dengan benar dan
alat pengaman kerja (APK) digunakan sesuai dengan ketentuan K-3 |
Hasil Observasi Menggunakan Alat pelindung diri (APD) dipakai dengan
benar dan alat pengaman kerja (APK) sesuai dengan ketentuan K-3 |
L |
|
|
CL |
|
|
|
|
|
ELEMEN : 4. Meningkatkan kepedulian terhadap pelaksanaan K3 |
||||||||||
4.1. Sosialisasi K-3 diikuti
dengan baik |
Hasil Menjawab Pertanyaan Mengikuti Sosialisasi K-3 dengan baik |
|
TL |
|
|
|
DPL |
|
|
|
4.2. Penjelasan (briefing) K-3 secara berkala diikuti dengan baik |
Hasil Menjawab Pertanyaan Mengikuti penjelasan (briefing) K-3 secara berkala dengan baik |
|
TL |
|
|
|
DPL |
|
|
|
4.3. K3 dilaksanakan
dengan partisipasi aktif |
Hasil Menjawab Pertanyaan Melaksanakan K3 dengan partisipasi aktif |
|
TL |
|
|
|
DPL |
|
|
|
3. Mengidentifikasi Persyaratan Modifikasi
dan Kontekstualisasi: |
|
3.1.
a. Karakteristik Kandidat: |
Jika
Ada, tuliskan |
b.
Kebutuhan kontekstualisasi terkait tempat kerja: |
Jika Ada, tuliskan |
3.2. Saran yang diberikan oleh paket pelatihan atau pengembang pelatihan |
Jika Ada, tuliskan |
3.3. Penyesuaian perangkat asesmen terkait kebutuhan kontekstualisasi |
Jika Ada, tuliskan |
3.4. Peluang untuk kegiatan asesmen terintegrasi dan mencatat setiap perubahan yang diperlukan untuk alat asesmen |
Ada / Jika Ada, tuliskan Perlunya penambahan penggunaan alat ukur Digital
dalam ujian sebagai pembanding nilai ukur |
*Coret yang tidakperlu
Konfirmasi dengan orang yang relevan
Orang yang relevan |
Tandatangan |
||
|
Manajer sertifikasi LSP / Atas nama : |
|
|
|
Master Asesor / Master Trainer / Lead Asesor/ Asesor Utama Kompetensi |
|
|
|
Manajer pelatihan Lembaga Training
terakreditasi / Lembaga Training terdaftar |
|
|
|
Lainnya: |
|
Penyusun dan Validator
Nama |
Jabatan |
Tanggal dan Tandatangan |
Wiyono, S.ST.,Gr
|
Penyusun |
|
Divalidasi oleh:
Nasruddin,S.Pd.M.Pd
|
Validator |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!