Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Elektronika Elemen Pemrograman Sistem Embedded Fase : F
@Iyon manakarra
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase.
A. IDENTITAS.
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Tapalang. Bidang Keahlian : Teknologi Manufaktur dan Rekayasa. Program Studi Keahlian : Teknik Elektronika. Mata Pelajaran : Kejuruan Teknik Elektronika Industri. Fase : F. Elemen : Pemrograman Sistem Embedded Tahun Pelajaran : 2022/2023. Kelas / Semester : XI / Gansal Jumlah jam Pelajaran : 144 JP @ 45 Menit Penyusun : Team Teaching Teknik Elektronika Industri - Wiyono, S.ST., Gr. - Supriadi Aco, S.Pd. - Indriani Nur Hiyahara, S.Pd., Gr. - Sherly Ardina, S.Pd. |
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE F.
Sedikit pejelasan sahabat mekatronika manakarra dengan berdasarkan salinan kepmendikbudristek No.56 tentang pedoman penerapan kurikulum diuraikan bahwa Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran.
Pada akhir fase F, peserta didik dapat pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami penerapan rangkaian elektronika, sistem kendali elektronik, pemrograman sistem embedded, antarmuka dan komunikasi data, sistem kendali industri, serta pemeliharaan dan perbaikan peralatan elektronika industri. |
C. CAPAIAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN ELEMEN.
Berikut adalah elemen per capaian pembelajaran :
ELEMEN | CAPAIAN PEMBELAJARAN |
1. Pemrograman Sistem Embedded | Pada akhir fase F, peserta didik mampu: mengevaluasi arsitektur sistem embedded; merancang sistem minimum; menerapkan bahasa pemrograman; mengoperasikan software compiler; mengoperasikan software simulator; membuat pemrograman input/output digital; membuat pemrograman input/output analog; dan menerapkan pemrograman komunikasi serial. |
D. TUJUAN PEMBELAJARAN.
Tujuan pembelajaran adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran disusun dengan memperhatikan kemungkinan pengumpulan bukti yang eviden, artinya dapat diamati dan diukur melalui asesmen, sehingga murid dapat dipantau ketercapaiannya atas tujuan pembelajaran tersebut.
ELEMEN | CAPAIAN PEMBELAJARAN | KOMPETENSI | KONTEN |
1. Pemrograman Sistem Embedded.
(72 JP) | Pada akhir fase F, peserta didik mampu: mengevaluasi arsitektur sistem embedded; merancang sistem minimum; menerapkan bahasa pemrograman; mengoperasikan software compiler; mengoperasikan software simulator; membuat pemrograman input/output digital; membuat pemrograman input/output analog; dan menerapkan pemrograman komunikasi serial. | 1. Mengevaluasi arsitektur sistem embedded; 2. Merancang sistem minimum; 3. Menerapkan bahasa pemrograman; 4. Mengoperasikan software compiler; mengoperasikan software simulator; 5. Membuat pemrograman input/output digital; 6. Membuat pemrograman input/output analog; dan 7. Menerapkan pemrograman komunikasi serial. | 1. Arsitektur sistem embedded; 2. Sistem minimum; 3. Bahasa pemrograman; 4. software compiler dan Simulator; 5. pemrograman input/output digital; 6. pemrograman input/output analog; 7. pemrograman komunikasi serial. |
E. ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Didalam Alur tujuan pembelajran Guru dapat menyusun Alur Tujuan Pembelajaran masing-masing menyesuaikan dengan konteks dan kebutuhan peserta didik di kelas yang diampu, dengan berpatokan pada panduan untuk penyusunan perangkat ajar, sehingga dapat dijadikan referensi dalam mencapai capaian pembelajaran
ELEMEN | TUJUAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR KETERCAPAIAN | MATERI | DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA | MODUL | ALOKASI WAKTU
|
1. Pemrograman Sistem Embedded.
(72 JP) | 1. Peserta didik dapat mengevaluasi arsitektur sistem embedded dengan benar; | Menjelaskan Arsitektur sistem embedded | - Arsitektur sistem embedded. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif | Modul 2 | 8 JP @ 45 menit. |
2. Peserta didik dapat merancang sistem minimum dengan benar; | Medesign rangkaian sistem minimum. | - komponen sistem minimum, - Rangkaian sistem minimum. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif | Modul 2 | 8 JP @ 45 menit. | |
3. Peserta didik dapat menerapkan bahasa pemrograman dengan benar; | Menjelaskan struktur bahasa pemograman | - Algoritma Pemograman, - Struktur bahasa Pemograman. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif | Modul 2 | 16 JP @ 45 menit. | |
4. Peserta didik dapat mengoperasikan software compiler; dan software simulator dengan benar; | Menggunakan Sofware Compiler dan simulator | - Prosedur menulis listing sintax program, - Prosedur Compile Program, - Prosedur Upload/Download Program. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif
| Modul 2 | 8 JP @ 45 menit. | |
5. Peserta didik dapat membuat pemrograman input/output digital dengan benar; | Merancang program Input/Output digital | - Menentukan Input/Output Digital, - Menulis Program input/output Digital, - Melakukan uji coba program. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif
| Modul 2 | 16 JP @ 45 menit. | |
6. Peserta didik dapat membuat pemrograman input/output analog dengan benar; | Merancang program Input/Output analog | - Menentukan Input/Output analog, - Menulis Program input/output Analog, - Melakukan uji coba program. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif
| Modul 2 | 8 JP @ 45 menit. | |
7. Peserta didik dapat menerapkan pemrograman komunikasi serial dengan benar. | Mencoba pemograman komunikasi serial | - Komunikasi Serial. | - Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif
| Modul 2 | 8 JP @ 45 menit. |
Mamuju, 12 juli 2022
Mengetahui Penyusun
Kepala SMK N 1 Tapalang Ketua Program keahlian TEI
HIDAYAT, S.Pd., M.Pd WIYONO, S.ST., Gr.
NIP : 19770210 200901 1 006 NIP : 19870205 201012 1 006
Sumber : SMKN1Tapalang//TeknikElektronikaIndustri//AlurTujuanPelajaran//Wiyono, S.ST.,Gr.
@iyon manakarra
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!