Senin, 06 Februari 2023

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Elektronika Elemen Pemrograman Sistem Embedded Fase : F

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Elektronika Elemen Pemrograman Sistem Embedded Fase : F

@Iyon manakarra

     Sahabat mekatronika manakarra berikut adalah contoh perangkat mengajar yang saya gunakan dalam proses pembelajaran dikelas yaitu Alur Tujuan Pembelajaran pada elemen Pemrograman Sistem Embedded pada bidang Teknik elektronika Fase F kurikulum merdeka belajar. 


        Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase.

======================================================================
                                              ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

A.      IDENTITAS.

Satuan Pendidikan           : SMK Negeri 1 Tapalang.

Bidang Keahlian             : Teknologi Manufaktur dan Rekayasa.

Program Studi Keahlian   : Teknik Elektronika.

Mata Pelajaran                 : Kejuruan Teknik Elektronika Industri.

Fase                                  : F.

Elemen                             : Pemrograman Sistem Embedded

Tahun Pelajaran               : 2022/2023.

Kelas / Semester              : XI / Gansal

Jumlah jam Pelajaran       : 144 JP @ 45 Menit

Penyusun                          : Team Teaching Teknik Elektronika Industri

-        Wiyono, S.ST., Gr.

-        Supriadi Aco, S.Pd.  

-        Indriani Nur Hiyahara, S.Pd., Gr.

-        Sherly Ardina, S.Pd.


B.      CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE F.

    Sedikit pejelasan sahabat mekatronika manakarra dengan berdasarkan salinan kepmendikbudristek No.56 tentang pedoman penerapan kurikulum diuraikan bahwa Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran.


Pada akhir fase F, peserta didik dapat pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami penerapan rangkaian elektronika, sistem kendali elektronik, pemrograman sistem embedded, antarmuka dan komunikasi data, sistem kendali industri, serta pemeliharaan dan perbaikan peralatan elektronika industri.


C.      CAPAIAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN ELEMEN.

Berikut adalah elemen per capaian pembelajaran :


ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

1.     Pemrograman Sistem Embedded

Pada akhir fase F, peserta didik mampu: mengevaluasi arsitektur sistem embedded; merancang sistem minimum; menerapkan bahasa pemrograman; mengoperasikan software compiler; mengoperasikan software simulator; membuat pemrograman input/output digital; membuat pemrograman input/output analog; dan menerapkan pemrograman komunikasi serial.


D.      TUJUAN PEMBELAJARAN.

    Tujuan pembelajaran adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran disusun dengan memperhatikan kemungkinan pengumpulan bukti yang eviden, artinya dapat diamati dan diukur melalui asesmen, sehingga murid dapat dipantau ketercapaiannya atas tujuan pembelajaran tersebut.


ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

KOMPETENSI

KONTEN

1.    Pemrograman Sistem Embedded.

 

(72 JP)

Pada akhir fase F, peserta didik mampu: mengevaluasi arsitektur sistem embedded; merancang sistem minimum; menerapkan bahasa pemrograman; mengoperasikan software compiler; mengoperasikan software simulator; membuat pemrograman input/output digital; membuat pemrograman input/output analog; dan menerapkan pemrograman komunikasi serial.

1.     Mengevaluasi arsitektur sistem embedded;

2.     Merancang sistem minimum;

3.     Menerapkan bahasa pemrograman;

4.     Mengoperasikan software compiler; mengoperasikan software simulator;

5.     Membuat pemrograman input/output digital;

6.     Membuat pemrograman input/output analog; dan

7.     Menerapkan pemrograman komunikasi serial.

1.     Arsitektur sistem embedded;

2.     Sistem minimum;

3.     Bahasa pemrograman;

4.     software compiler dan Simulator;

5.     pemrograman input/output digital;

6.     pemrograman input/output analog;

7.     pemrograman komunikasi serial.


E.      ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Didalam Alur tujuan pembelajran Guru dapat menyusun Alur Tujuan Pembelajaran masing-masing menyesuaikan dengan konteks dan kebutuhan peserta didik  di kelas yang diampu, dengan berpatokan pada panduan untuk penyusunan perangkat ajar, sehingga dapat dijadikan referensi dalam mencapai capaian pembelajaran


ELEMEN

TUJUAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR KETERCAPAIAN

MATERI

DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA

MODUL

ALOKASI WAKTU

 

1.  Pemrograman Sistem Embedded.

 

(72 JP)

1.  Peserta didik dapat mengevaluasi arsitektur sistem embedded  dengan benar;

Menjelaskan Arsitektur sistem embedded

-  Arsitektur sistem embedded.

-  Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

-  Mandiri

-  Bernalar kritis

-  Kreatif

Modul 2

8 JP @ 45 menit.

2. Peserta didik dapat merancang sistem minimum dengan benar;

Medesign rangkaian sistem minimum.

-  komponen sistem minimum,

-  Rangkaian sistem minimum.

-  Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

-  Mandiri

-  Bernalar kritis

-  Kreatif

Modul 2

8 JP @ 45 menit.

3. Peserta didik dapat menerapkan bahasa pemrograman dengan benar;

Menjelaskan struktur  bahasa pemograman

-  Algoritma Pemograman,

-  Struktur bahasa Pemograman.

-  Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

-  Mandiri

-  Bernalar kritis

-  Kreatif

Modul 2

16 JP @ 45 menit.

4. Peserta didik dapat mengoperasikan software compiler; dan software simulator dengan benar;

Menggunakan Sofware

Compiler dan simulator

-  Prosedur menulis listing sintax program,

-  Prosedur Compile Program,

-  Prosedur Upload/Download Program.

-  Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

-  Mandiri

-  Bernalar kritis

-  Kreatif

 

Modul 2

8 JP @ 45 menit.

5. Peserta didik dapat membuat pemrograman input/output digital dengan benar;

Merancang program Input/Output digital

-  Menentukan Input/Output Digital,

-  Menulis Program input/output Digital,

-  Melakukan uji coba program.

-  Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

-  Mandiri

-  Bernalar kritis

-  Kreatif

 

 

 

Modul 2

16 JP @ 45 menit.

6. Peserta didik dapat membuat pemrograman input/output analog dengan benar;

Merancang program Input/Output analog

-  Menentukan Input/Output analog,

-  Menulis Program input/output Analog,

-  Melakukan uji coba program.

-  Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

-  Mandiri

-  Bernalar kritis

-  Kreatif

 

Modul 2

8 JP @ 45 menit.

7. Peserta didik dapat menerapkan pemrograman komunikasi serial dengan benar.

Mencoba pemograman komunikasi serial

-  Komunikasi Serial.

-  Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

-  Mandiri

-  Bernalar kritis

-  Kreatif

 

Modul 2

8 JP @ 45 menit.



                                                                                                               Mamuju, 12 juli 2022

Mengetahui                                                                                          Penyusun

Kepala SMK N 1 Tapalang                                                                Ketua Program keahlian TEI


HIDAYAT, S.Pd., M.Pd                                                                        WIYONO, S.ST., Gr.

NIP : 19770210 200901 1 006                                                              NIP : 19870205 201012 1 006 



Sumber : SMKN1Tapalang//TeknikElektronikaIndustri//AlurTujuanPelajaran//Wiyono, S.ST.,Gr.

@iyon manakarra




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!