Jumat, 03 Februari 2023

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Elektronika Elemen Penerapan Rangkaian Elektronik Fase : F

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Elektronika Elemen Penerapan Rangkaian Elektronik Fase : F

@Iyon manakarra

Sahabat mekatronika manakarra berikut adalah contoh perangkat mengajar Alur Tujuan Pembelajaran pada elemen penerapan rangkaian elektronika pada bidang Teknik elektronika Fase F kurikulum merdeka belajar. 



=========================================================================
                                               ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

A.      IDENTITAS.

Satuan Pendidikan           : SMK Negeri 1 Tapalang.

Bidang Keahlian             : Teknologi Manufaktur dan Rekayasa.

Program Studi Keahlian   : Teknik Elektronika.

Mata Pelajaran                 : Kejuruan Teknik Elektronika Industri.

Fase                                  : F.

Elemen                             : Penerapan Rangkaian Elektronika

Tahun Pelajaran               : 2022/2023.

Kelas / Semester              : XI / Gansal

Jumlah jam Pelajaran       : 144 JP @ 45 Menit

Penyusun                          : Team Teaching Teknik Elektronika Industri

-        Wiyono, S.ST., Gr.

-        Supriadi Aco, S.Pd.  

-        Indriani Nur Hiyahara, S.Pd., Gr.

-        Sherly Ardina, S.Pd.

B.      CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE F.

        Sedikit pejelasan sahabat mekatronika manakarra dengan berdasarkan salinan kepmendikbudristek No.56 tentang pedoman penerapan kurikulum diuraikan bahwa Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran.


Pada akhir fase F, peserta didik dapat Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami penerapan rangkaian elektronika, sistem kendali elektronik, pemrograman sistem embedded, antarmuka dan komunikasi data, sistem kendali industri, serta pemeliharaan dan perbaikan peralatan elektronika industri.

C.      CAPAIAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN ELEMEN.

Berikut adalah elemen per Capaian pembelajaran : 


ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

1.     Penerapan Rangkaian Elektronika

Pada akhir fase F, peserta didik mampu: menganalisis penguat diferensial; mengevaluasi penguat operasional; membandingkan rangkaian analog to digital (ADC) dan digital to analog (DAC); menerapkan filter aktif; menganalisis pembangkit gelombang; menerapkan rangkaian digital; menerapkan elektronika daya; menerapkan catu daya; dan mengevaluasi sumber energi terbarukan.


D.      TUJUAN PEMBELAJARAN.

        Tujuan pembelajaran adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran disusun dengan memperhatikan kemungkinan pengumpulan bukti yang eviden, artinya dapat diamati dan diukur melalui asesmen, sehingga murid dapat dipantau ketercapaiannya atas tujuan pembelajaran tersebut. Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi.


ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

KOMPETENSI

KONTEN

1.    Penerapan Rangkaian Elektronika.

 

(72 JP)

Pada akhir fase F, peserta didik mampu: menganalisis penguat diferensial; mengevaluasi penguat operasional; membandingkan rangkaian analog to digital (ADC) dan digital to analog (DAC); menerapkan filter aktif; menganalisis pembangkit gelombang; menerapkan rangkaian digital; menerapkan elektronika daya; menerapkan catu daya; dan mengevaluasi sumber energi terbarukan.

1.     Menganalisis penguat diferensial dan Mengevaluasi Penguat operasional;

2.     Membandingkan Rangkaian analog to digital (ADC) dan digital to analog (DAC);

3.     Menganalisis Pembangkit gelombang;

4.     menerapkan Rangkaian Filter aktif; Digital; Elektronika daya; dan Catu daya;

5.     Mengevaluasi Sumber energi terbarukan.

1.     Karakteristik Rangkaian Oprational Ampflifier;

2.     ADC dan DAC;

3.     Pembangkit gelombang;

4.     Rangkaian Filter aktif,  digital, Rangkaian catu daya, dan elektronika daya;

5.     Sumber energi terbarukan.


E.      ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

        Didalam Alur tujuan pembelajran Guru dapat menyusun Alur Tujuan Pembelajaran masing-masing menyesuaikan dengan konteks dan kebutuhan peserta didik  di kelas yang diampu, dengan berpatokan pada panduan untuk penyusunan perangkat ajar, sehingga dapat dijadikan referensi dalam mencapai capaian pembelajaran


ELEMEN

TUJUAN PEMBELAJA-RAN

INDIKATOR KETERCA-PAIAN

MATERI

DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA

MODUL

ALOKASI WAKTU

 

1.  Penerapan Rangkaian Elektronika

 

(72 JP)

1. Peserta didik dapat menganalisis penguat diferensial dengan benar;

Menguji karakteristik rangkaian penguat diferensial;

-  Pengertian penguat operational

-  Rangkaian Inverting,

-  Rangkaian Non-Inverting,

-  Rangkaian Diferenstial,

-  Rangkaian Comparator.

-  Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

-  Mandiri

-  Bernalar kritis

-  Kreatif

Modul 1

8 JP @ 45 menit.

2. Peserta didik dapat Mengevaluasi Penguat operasional dengan benar;

Menguji karakteristik rangkaian penguat operasional (OP Amp.)

-  Aplikasi Rangkaian Sederhana Penguat operational.

(Lampu taman otomatis)

 

 

-  Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

-  Mandiri

-  Bernalar kritis

-  Kreatif

Modul 1

8 JP @ 45 menit.

3. Peserta didik dapat membandingkan Rangkaian analog to digital (ADC) dan digital to analog (DAC) dengan tepat;

Membedakan karakteristik Rangkaian analog to digital (ADC) dan digital to analog (DAC).

-  Rangkaian analog to digital (ADC),

-  Rangkaian digital to analog (DAC).

-  Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

-  Mandiri

-  Bernalar kritis

-  Kreatif

Modul 1

16 JP @ 45 menit.

4. Peserta didik dapat menganalisis Pembangkit gelombang dengan benar;

Menjelaskan rangkaian Pembangkit gelombang.

-  Rangkaian pembangkit gelombang.

-  Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

-  Mandiri

-  Bernalar kritis

-  Kreatif

Modul 1

8 JP @ 45 menit.

5. Peserta didik dapat menerapkan Filter aktif; Rangkaian digital; Elektronika daya; dan Catu daya dengan baik;

Membuat rangkaian Filter aktif, catu daya, rangkaian digital dan elektronika Daya.

 

-  Rangkaian Filter aktif,

-  Rangkaian digital,

-  Rangkaian Elektronika daya,

-  Rangkaian Catu daya.

-  Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

-  Mandiri

-  Bernalar kritis

-  Kreatif

Modul 1

24 JP @ 45 menit.

6. Peserta didik dapat mengevaluasi Sumber energi terbarukan dengan baik.

Menjelaskan Sumber energi terbarukan.

-  Sumber Energi terbarukan.

-  Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

-  Mandiri

-  Bernalar kritis

-  Kreatif

Modul 1

8 JP @ 45 menit.

                                                                                                               Mamuju, 12 juli 2022

Mengetahui                                                                                          Penyusun

Kepala SMK N 1 Tapalang                                                                Ketua Program keahlian TEI



HIDAYAT, S.Pd., M.Pd                                                                        WIYONO, S.ST., Gr.

NIP : 19770210 200901 1 006                                                              NIP : 19870205 201012 1 006 



Sumber : SMKN1Tapalang//TeknikElektronikaIndustri//AlurTujuanPelajaran//Wiyono, S.ST.,Gr.

@iyon manakarra

1 komentar:

Mari berdiskusi dan silahkan memberi komentar berupa kritik dan saran yang bersifat membangun ya sobat smua....!