Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Elektronika Elemen Penerapan
Rangkaian Elektronik Fase : F
@Iyon manakarra
A. IDENTITAS.
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 1 Tapalang. Bidang Keahlian :
Teknologi Manufaktur dan Rekayasa. Program Studi Keahlian : Teknik Elektronika. Mata Pelajaran : Kejuruan Teknik Elektronika Industri. Fase : F. Elemen : Penerapan
Rangkaian Elektronika Tahun Pelajaran : 2022/2023. Kelas / Semester : XI / Gansal Jumlah jam Pelajaran : 144 JP @ 45 Menit Penyusun :
Team Teaching Teknik Elektronika Industri -
Wiyono, S.ST., Gr. -
Supriadi Aco, S.Pd. -
Indriani Nur Hiyahara, S.Pd., Gr. -
Sherly Ardina, S.Pd. |
B.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
FASE F.
Sedikit
pejelasan sahabat mekatronika manakarra dengan berdasarkan salinan
kepmendikbudristek No.56 tentang pedoman penerapan kurikulum diuraikan bahwa Capaian
Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai
peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk
Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran.
Pada akhir fase F,
peserta didik dapat Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami penerapan
rangkaian elektronika, sistem kendali elektronik, pemrograman sistem
embedded, antarmuka dan komunikasi data, sistem kendali industri, serta
pemeliharaan dan perbaikan peralatan elektronika industri. |
C. CAPAIAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN ELEMEN.
Berikut adalah elemen per Capaian pembelajaran :
ELEMEN |
CAPAIAN
PEMBELAJARAN |
1.
Penerapan Rangkaian Elektronika |
Pada akhir fase F, peserta didik
mampu: menganalisis penguat diferensial; mengevaluasi penguat operasional;
membandingkan rangkaian analog to digital (ADC) dan digital to analog (DAC);
menerapkan filter aktif; menganalisis pembangkit gelombang; menerapkan
rangkaian digital; menerapkan elektronika daya; menerapkan catu daya; dan
mengevaluasi sumber energi terbarukan. |
D. TUJUAN PEMBELAJARAN.
Tujuan pembelajaran adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran disusun dengan memperhatikan kemungkinan pengumpulan bukti yang eviden, artinya dapat diamati dan diukur melalui asesmen, sehingga murid dapat dipantau ketercapaiannya atas tujuan pembelajaran tersebut. Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi.
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
KOMPETENSI |
KONTEN |
1. Penerapan Rangkaian Elektronika.
(72
JP) |
Pada akhir fase F, peserta didik
mampu: menganalisis penguat diferensial; mengevaluasi penguat operasional;
membandingkan rangkaian analog to digital (ADC) dan digital to analog (DAC); menerapkan
filter aktif; menganalisis pembangkit gelombang; menerapkan rangkaian
digital; menerapkan elektronika daya; menerapkan catu daya; dan mengevaluasi
sumber energi terbarukan. |
1. Menganalisis penguat diferensial
dan Mengevaluasi Penguat operasional; 2. Membandingkan Rangkaian analog to
digital (ADC) dan digital to analog (DAC); 3. Menganalisis Pembangkit gelombang; 4. menerapkan Rangkaian Filter aktif; Digital;
Elektronika daya; dan Catu daya; 5. Mengevaluasi Sumber energi
terbarukan. |
1.
Karakteristik Rangkaian Oprational Ampflifier; 2.
ADC dan DAC; 3.
Pembangkit gelombang; 4.
Rangkaian Filter aktif, digital, Rangkaian catu daya, dan
elektronika daya; 5.
Sumber energi terbarukan. |
E. ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Didalam
Alur tujuan pembelajran Guru dapat menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
masing-masing menyesuaikan dengan konteks dan kebutuhan peserta didik di kelas yang diampu, dengan berpatokan
pada panduan untuk penyusunan perangkat ajar, sehingga dapat dijadikan
referensi dalam mencapai capaian pembelajaran
ELEMEN |
TUJUAN PEMBELAJA-RAN |
INDIKATOR KETERCA-PAIAN |
MATERI |
DIMENSI PROFIL PELAJAR
PANCASILA |
MODUL |
ALOKASI WAKTU
|
1. Penerapan Rangkaian Elektronika
(72 JP) |
1. Peserta didik dapat menganalisis penguat diferensial
dengan benar; |
Menguji
karakteristik rangkaian penguat diferensial; |
- Pengertian penguat operational - Rangkaian Inverting, - Rangkaian Non-Inverting, - Rangkaian Diferenstial, - Rangkaian Comparator. |
- Beriman, bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Modul
1 |
8
JP @ 45 menit. |
2. Peserta didik dapat Mengevaluasi Penguat operasional
dengan benar; |
Menguji
karakteristik rangkaian penguat operasional (OP Amp.) |
- Aplikasi Rangkaian Sederhana Penguat operational. (Lampu
taman otomatis)
|
- Beriman, bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Modul
1 |
8
JP @ 45 menit. |
|
3.
Peserta didik
dapat membandingkan Rangkaian analog to digital (ADC) dan digital to analog
(DAC) dengan tepat; |
Membedakan
karakteristik Rangkaian analog to digital (ADC) dan digital to analog (DAC). |
- Rangkaian analog to digital (ADC), - Rangkaian digital to analog (DAC). |
- Beriman, bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Modul
1 |
16
JP @ 45 menit. |
|
4.
Peserta didik dapat
menganalisis Pembangkit gelombang dengan benar; |
Menjelaskan
rangkaian Pembangkit gelombang. |
- Rangkaian pembangkit gelombang. |
- Beriman, bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Modul
1 |
8
JP @ 45 menit. |
|
5.
Peserta didik dapat
menerapkan Filter aktif; Rangkaian digital; Elektronika daya; dan Catu daya
dengan baik; |
Membuat
rangkaian Filter aktif, catu daya, rangkaian digital dan elektronika Daya.
|
- Rangkaian Filter aktif, - Rangkaian digital, - Rangkaian Elektronika daya, - Rangkaian Catu daya. |
- Beriman, bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Modul
1 |
24
JP @ 45 menit. |
|
6.
Peserta didik
dapat mengevaluasi Sumber energi terbarukan dengan baik. |
Menjelaskan
Sumber energi terbarukan. |
- Sumber Energi terbarukan. |
- Beriman, bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa - Mandiri - Bernalar kritis - Kreatif |
Modul
1 |
8
JP @ 45 menit. |
Mamuju, 12
juli 2022
Mengetahui Penyusun
Kepala
SMK N 1 Tapalang Ketua Program keahlian TEI
HIDAYAT, S.Pd., M.Pd WIYONO, S.ST., Gr.
NIP : 19770210 200901 1 006 NIP : 19870205 201012 1 006
Sumber : SMKN1Tapalang//TeknikElektronikaIndustri//AlurTujuanPelajaran//Wiyono, S.ST.,Gr.
@iyon manakarra
terimaskih pak..!
BalasHapus